Senin, 02 Maret 2015

Cara sederhana membuat website dengan Microsoft FrontPage 2003

Seperti halnya Microsoft Publisher 2007, Microsoft FrontPage 2003 juga menganut ilmu WYSIWYG (What You See is What You Get) alias apa yang kita buat designya, jika dibuka dengan web browser persis seperti design yang kita buat. Sebenarnya boleh dibilang Microsoft FontPage 2003 ini adalah “Adik Kandung” dari Microsft Publisher 2007, karena program ini lahir duluan.
Microsoft FrontPage 2003 ini bisa anda dapatkan dengan cara mengistall Microsoft Office 2003. Keunggulan program ini adalah mudah penggunaannya, anda tidak perlu dipusingkan dengan urusan pembuatan kode HTML, karena akan otomatis dibuatkan oleh program, memiliki tampilan yang mirip dengan Microsoft Word. Jadi saya yakin anda tidak akan mengalami kesulitan yang berarti jika sudah terbiasa “Utak Atik dan Surat suratan” dengan Microsoft Word.
Selain mode WYSIWYG (mode Normal), Anda bisa mendesain menggunakan tampilan HTML. Mode ini berguna saat Anda ingin menyisipkan kode JavaScript. Ini salah satu kekurangan FrontPage, yaitu tidak memiliki fasilitas dukungan penuh JavaScript.
Okey deh, nggak usah panjang panjang ceritanya, langsung aja kita praktek secara sederhana, anda siap kan?…
Langkah awal buatlah folder di computer anda, Misalkan nama folder MyWebsite. Folder ini akan digunakan untuk menyimpan web yang anda buat melalui Microsoft FrontPage 2003. Selanjutnya buat juga Sub Folder, Misalkan MyImages, dan kopikan (simpan) semua gambar yang akan ditampilkan di website anda pada sub folder ini.
Selanjutnya buka program Microsoft FrontPage 2003. Jika sudah terbuka, amati!! Mirip Microsoft Word kan? Kumudian Klik Menu Format >> Theme.. (maka dilayar sebelah kanan akan tampil pilihan tema yang bisa anda pilih. Pilih misalkan “Slate
Klik Menu Table >> Insert >> Table, kemudian isi kolom sesuai dengan yang anda inginkan misalkan seperti gambar dibawah ini ( lihat kotak warna merah)
Maka akan muncul table yang terdiri dari 4 baris, dimana baris ke 1 untuk Header, ke 2 untuk  menu halaman, misalnya Home, Product, Contact, About dll, baris ke 3 untuk konten (isi) dari halaman website dan baris ke 4 untuk footer.
Nah, sekarang kita buat headernya. Seperti yang saya katakan di awal tadi kita harus membuat sub folder MyImages. Sudah punya gambar header belum?, jika belum terpaksa minta bantuan “Mbah Google”. Cari gambar header dengan keyword “header” pasti banyak tuh..!! pilih aja mana yang anda suka, tapi jangan lupa lebarnya dibuat 950 pixel sesuai dengan kolom yang kita buat diatas. Jika sudah punya, arahkan kursor pada baris ke 1 selanjutnya Klik Menu Insert >> Picture >> From File. Nah pilih gambar heradernya.
Selanjutnya pada baris ke 2, kita buat menu link untuk halaman misalkan Home, Product, About Us, Contact Us dll. Caranya tempatkan kursor pada baris ke 2, selanjutnya Klik Menu Table >> Insert Cells, Isi “Number Of Culomns, misalkan diisi dengan angka 6. Dan tuliskan Rencana menu yang akan dibuat.
Pada baris ke 3 adalah konten (isi) dari web kita. Disini anda bisa membagi menjadi 2 atau 3 kolom, terserah mana yang anda suka. Cara membaginya sama dengan membuat menu untuk link halaman.
Dan pada bagian baris ke 4 adalah untuk footer, caranya sama dengan anda membuat header. Jika tidak punya gambar untuk footer, lagi lagi anda harus minta bantuan “Mbah Google” atau anda bisa membuatnya sendiri.
Selanjutnya simpan hasil design website anda. Jangan lupa anda harus menyimpannya dengan nama index.html. Untuk membuat halaman baru, anda tinggal mengcopy index.html kemudian di rename dengan nama yang lain, misalnya Product.html, Contact.html, About.html dll, dan selanjutnya edit halaman tersebut.
Tahap selanjutnya anda harus membuat hyperlink untuk menghubungkan halaman yang satu dengan halaman yang lain. Caranya : blok kata yang akan dipasang hyperlink, misalnya: Blok menu Product  >> klik kanan pada mouse anda >> hyperlink properties >> isi bagian addres dengan alamat yang akan dituju, misalnya Product.html >> klik ok. Daaaaaaan selesai…!!! Sekarang lihat index.html dengan web browser anda…!!! Keren kan..???
Dan tahap akhir adalah meng-upload website anda ke server. Caranya sama dengan Upload website yang dibuat dengan Publisher 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar